Mengenal Manfaat Daun Jati Cina Serta Efeknya

Senna Leaf atau lebih dikenal di Indonesia sebagai daun jati cina memang sempat booming beberapa waktu yang lalu sebagai pelangsing tubuh. Tapi benarkah daun jati cina memang terbukti dapat menurunkan berat badan?

Jika mempunyai masalah susah buang air besar, mungkin daun jati cina adalah solusinya. Daun ini dikenal luas sebagai obat untuk mengatasi susah BAB. Hal ini dikarenakan komponen laxative yang terkandung didalamnya. Ekstrak daun jati cina memiliki zat kimia yaitu anthranoid yang bisa menimbulkan kontraksi di dalam usus. Saat ini daun jati cina mudah sekali didapatkan di pasaran, dapat dibeli dalam bentuk daun kering atau bentuk teh celup.

Diantaranya manfaat teh daun jati china adalah melangsingkan tubuh,membersihkan darah kotor,mengurangi kolesterol,membuang racun dalam tubuh,mengecilkan perut,melunturkan lemak bagi penderita obesitas,membantu proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Ibu teman saya mengalami kolesterol tinggi, tetapi semenjak minum teh daun jati cina beliau mengaku kolesterolnya sudah berkurang dan sedikit merasa ringan tubuhnya untuk melakukan setiap aktivitas. Apabila anda mempunyai masalah pada pencernaan sebaiknya jangan mengkonsumsi teh daun jati china ini karena akan sangat menganggu kesehatan. Selain itu, apabila sedang PMS sebaiknya tidak mengkonsumsi dulu karena akan menambah ketidaknyamanan dalam waktu tersebut.

Cara mengkonsumsi teh daun jati cina ini yaitu dapat diminum sehari 2x saja. Sebaiknya setelah makan. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan teh daun jati cina tersebut ke dalam air panas kemudian diamkan sampai warnanya berubah menjadi warna coklat atau warna teh biasanya. Setelah warnanya berubah menjadi coklat,kemudian disaring dan air saringannya tersebut diminum langsung. Lebih baik dikonsumsi ketika sedang tidak melakukan aktifitas apapun.

Efek samping dari teh daun jati cina ini ialah 2-3 hari pertama akan sering buang air besar,karena dalam kotoran tersebut terdapat lemak-lemak yang terbuang juga. Tetapi sering tidaknya buang air besar tergantung dengan pola makan kita setiap hari. Selain itu tubuh terasa segar,sering buang air besar,mudah berkeringat,dan kotoran sedikit berminyak akibat lemak-lemak yang ikut luruh dalam tubuh tersebut. Tetapi disisi lain di imbangi dengan berolahraga yang teratur juga. Teh daun jati cina ini tidak mengandung unsur bahan kimia.

Cermati cara pemakaiannya: ambil satu sendok makan daun jati cina, letakkan dalam gelas atau cangkir lalu tuangkan air panas kira-kira 250 ml ke dalamnya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan, kemudian minum selagi hangat (saring ampas daunnya jika diperlukan). Alternatif lainnya, campur daun jati cina dengan air dingin dan biarkan 10-12 jam baru kemudian dikonsumsi. Tapi menurut saya, penggunaan air panas jauh lebih praktis. Jika belum terbiasa dengan rasanya, bisa juga menambahkan 1 sendok makan madu untuk memberikan sedikit rasa manis.

Yang perlu diingat, pada saat pertama kali perut akan terasa mulas (kira-kira 8 jam setelah meminumnya) dan timbul rasa ingin buang air besar. Kalau sudah begini, tinggal dikeluarkan saja. Reaksi ini normal-normal saja dan tidak perlu cemas. Karena obat ini bereaksi sekitar 8 jam setelah diminum, maka perlu untuk mengatur waktu kapan harus meminumnya sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk dosis penggunaannya, cobalah untuk minum daun jati cina 1 kali dalam sehari. Untuk hari-hari berikutnya bolehlah 2 kali sehari. Biasanya setelah 1 minggu penggunaan, perut tidak akan semulas seperti pertama kali. Hal yang paling penting, jangan menggunakan produk in terlalu sering (lebih dari dua kali sehari). Karna zat laxative-nya yang kuat dapat menimbulkan efek negatif pada usus.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah :

  • Wanita hamil atau sedang menyusui dilarang keras minum daun jati cina karena dapat membahayakan janin.
  • Anak usia 12 tahun kebawah dilarang mengkonsumsi.
  • Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan usus tidak berfungsi dengan baik.
  • Penggunaan dalam jumlah besar dapat menghilangkan potassium dan elektrolit lainnya serta menimbulkan dehidrasi.
  • Banyak-banyaklah minum air putih.

Berkaitan dengan berat badan, sebenarnya daun jati cina berfungsi melancarkan buang air besar, menyerap air dalam tubuh sehingga membuat feses menjadi lembek. Saat feses terbuang dari usus bersama dengan air otomatis berat badan akan berkurang. Mungkin inilah alasan banyak orang yang mengklaim daun jati cina ampuh untuk melangsingkan badan jika dikonsumsi secara teratur. Namun jika dikonsumsi terus-terusan bisa menimbulkan dehidrasi (kehilangan cairan tubuh secara berlebih).

Tags:
, , , , , ,